10 Pilihan Kompor Terbaik Buat Camping Terbaru

10 Pilihan Kompor Terbaik Buat Camping Terbaru

Kegiatan camping terasa kurang menyenangkan jika tanpa kegiatan masak masak. Acara masak masak tersebut justru kegiatan paling seru diantara acara lainnya. Karena jika camping bersama keluarga biasanya Ayah/ Abi bagian team sibuk di dapur. Nhah jika masak masak hal yang paling penting adalah kompor. Kompor buat camping biasanya beda dengan kompor yang biasa buat masak di rumah. Karena mempertimbangkan ukuran yang kecil, portable dan ultralight.
Perlu di pertimbangkan pula bahan bakar yang mau di butuhkan pilih gas atau spiritus. Jadi dalam postingan ini kami akan mengulas 10 pilihan kompor terbaik buat camping terbaik dan terbaru.  Baik dalam segi harga kompor, bagus penampilannya, dan juga merk atau brand yang akan di gunakan. 

Cara memilih kompor untuk camping

Saat akan membeli kompor camping perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti mudah membawanya dan menggunakannya. Berikut akan kami bagikan tips memilih kompor camping untuk Anda.

Pilihlah berdasarkan jenis bahan bakarnya

Dipasaran Anda akan menemukan banyak jenis dan bentuk kompor camping. Ada beberapa hal yang Anda perlu pertimbangkan diantaranya adalah tipe bahan bakarnya. Dan perlu diketahui, tiap jenis bahan bakar memiliki kelebihan dan kekurangan. Sehingga pilihlah bahan bakar yang Anda anggap cocok. 

Bahan bakar gas, lebih umum dipakai dan digunakan

Bahan bakar gas adalah kompor yang sering dan umum di gunakan, karena mudah dalam penggunaannya. Anda akan menemukan lebih banyak dipasaran kompor jenis ini, dibandingkan jenis lainya. Setidaknya dipasaran ada dua jenis kompor berbahan gas yaitu kompor lipat dan kompor box.
 
Kompor jenis lipat lebih kecil dan ringkas kalau dibawa, cocoknya untuk acara camping tanpa melibatkan banyak orang. Sementara kompor jenis box lebih mudah pemakaiannya serta bisa memasak dalam jumlah banyak. Untuk camping ramai ramai kompor jenis box lebih cocok dan pas untuk menjadi pilihan.

Bahan bakar cair, lebih mudah ditemukan

Kompor bahan bakar cair menjadi pilihan lain Anda berikutnya. Ciri kompor bahan bakar cair adalah memiliki tabung penampung bahan bakar. Bahan bakar cair yang sering digunakan adalah spiritus, sedangkan minyak tanah kurang sering digunakan. Karena harganya mahal serta barangnya agak susah di temukan. Jadi spiritus menjadi pilihan terbaik. Spiritus masih banyak dijual dan gampang mendapatkannya. Selain itu karakteristik api yang di hasilkan oleh spiritus cenderung stabil dari pada gas. Akan tetapi Anda akan sering mengisi ulang bahan bakar spiritus ketika digunakan, karena bahan bakar jenis ini terbilang boros.

Bahan bakar padat, lebih simple

Untuk saat ini kompor bahan bakar [parafin] padat agak susah di jumpai dan jarang di temukan. Padahal kompor parafin bentuk dan designnya simple diantara jenis kompor gas dan cair. Kompor parafin biasanya berbentuk kotak atau lipatan pelat, yang memerlukan sedikit rakitan. Material dan bahannya pun beragam, mulai dari besi, aluminium, stainless steel, dan lainnya.

Sementara itu, parafin sendiri bentuknya kotak padat hampir mirip seperti sabun batangan. Kompor parafin sangat simpel, ringan, dan mudah dibawa. Namun, kompor ini tidak cocok jika dipakai untuk memasak dalam jumlah banyak. Jadi, lebih pas digunakan oleh perorangan saja. Bila dibawa dalam jumlah banyak, bahan bakar parafin juga akan terasa sangat berat sehingga tidak efisien dan membebani.

Sesuaikan ukuran kompor dengan kebutuhannya

Karena camping merupakan kegiatan outdoor atau diluar. Oleh karena itu, sebaiknya pilih barang yang ringkas dan mudah dibawa. Agar Anda tidak merasa repot dan direpotkan oleh bawaan kompor.  Kompor untuk camping sendiri tersedia dalam berbagai merek, model, dan ukuran. Bahkan, tak sedikit produk kompor yang dimensinya di bawah 10 cm. Makin kecil ukurannya maka makin mudah Anda membawanya. 

Akan tetapi, Anda juga perlu mempertimbangkan kembali besarnya panci dan jumlah orang. Memasak menggunakan panci besar di kompor yang kecil akan membutuhkan waktu yang lama dan berisiko kompor cepat rusak. Sebaliknya, gunakan ukuran kompor yang tepat dapat memaksimalkan serta efisiensi waktu yang diperlukan untuk memasak. Jadi, seimbangkan antara keduanya, biar kompor awet dan peserta camping tidak menunggu lama untuk masakan matang.

Perhatikan Bobot kompor

Selain ukurannya, Anda juga perlu memperhatikan bobot dari kompor yang hendak Anda bawa. Berhubung Anda akan pergi camping menggunakan kompor yang terlalu berat akan menambah beban bawaan Anda. Saat ini banyak di jumpai produk kompor yang berbobot ringan, bahkan tak sedikit yang memiliki bobot di bawah 500 gram. Kompor lipat bisa jadi salah satu pilihannya!

Material yang digunakan

Pemilihan material juga perlu dipertimbangkan, karena memengaruhi bobot dan keawetan produk. Oleh karena itu, ada sebaiknya bila hal ini bisa jadi salah satu pertimbangan. Material kompor outdoor unsaat ini bervariasi, mulai dari besi, aluminium, hingga stainless steel. Besi jadi salah satu bahan andalan yang kuat. Akan tetapi, bahan ini cukup berat dan mudah berkarat. Tidak heran bila bahan ini kini mulai ditinggalkan.

Sementara itu, aluminium dikenal lebih ringan ketimbang besi. Bahan ini juga lebih baik dalam menghantarkan panas serta memiliki resistensi terhadap karat. Namun, bila Anda menginginkan gabungan kelebihan keduanya, Anda bisa pilih bahan stainless steel. Bahan ini sangat kuat seperti besi, tetapi juga antikarat seperti aluminium. Lebih dari itu, stainless steel juga paling aman dan sering digunakan sebagai bahan peralatan makan. 

Pertimbangkan produk yang dijual dalam set

Untuk saat ini ada banyak produsen yang menawarkan produk kompor dalam satu paket alat masak atau cooking set. Agar lebih efisien, tidak ada salahnya mejadi pertimbangan Anda dalam mengambil paket tersebut. Anda tidak perlu lagi membawa perlengkapan masak yang bemacam-macam. Terlebih lagi, cooking set tersebut biasanya memiliki desain yang compact serta mudah dikemas serta packing yang mudah dibawa.

Kompor camping yang aman dipakai dan antiangin

Kompor kamping jenis K-203 ini didesain dengan bentuk seperti bunga mawar. Saat dibuka, kompor akan mengembang dan menguncup ketika ditutup atau disebut juga kompor lipat. Saya sering menggunakan dan memakai kompor ini saat camping bersama keluarga.

Kompor ini di desain tahan angin atau windproof sehingga aman untuk dipergunakan memasak di alam terbuka. Apinya akan terlindungi dan tidak mudah mati, meski digunakan di tempat yang udaranya dingin dan anginnya kencang. 

Selain tahan angin, kompor ini juga sangat hemat. Sumber bahan bakarnya menggunakan gas kaleng yang bisa dipakai untuk beberapa kali camping. Kalian bisa memasak air, mi instan, atau menggoreng makanan dengan kompor ini. Agar lebih nyaman, jangan lupa untuk memakai nesting antilengket juga.

Kekurangan kompor ini adalah :

  • Windproof penghalang angin mudah rusak, jika rusak pas masaknya harus diganjal dengan batu. Agar angin tidak mempengaruhi nyala apinya. 
  • Kapasitas kompor terlalu kecil untuk camping dengan peserta banyak.
  • Pemantik mudah bocor

Nesting alat masak dan minuman hangat saat camping

Anda pernah melihat orang yang memasak di gunung saat camping? Atau bahkan pernah melihat beberapa pendaki membeli bahan makanan di pasar terlebih dahulu? Saat berada di gunung, kalian belum tentu akan menemukan warung makan apalagi restoran. Solusinya untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dalam tubuh serta mengembalikan energi yang hilang saat mendaki gunung adalah memasak sendiri, sambil memanaskan tangan karena kedinginan.

Dengan begitu bisa membawa satu set nesting sebagai perlengkapan memasak bahan-bahan masakan yang dibeli sebelumnya. Nesting ini biasanya sudah menjadi satu set bersama kompor dan gas sehingga sangat praktis untuk memasak makanan di gunung saat camping. Kalian juga bisa mempergunakannya  untuk membuat kopi, teh, susu, jahe, atau minuman untuk menghangatkan tubuh. Pas banget kalau cuacanya malem atau pagi yang butuh kehangatan secangkir teh dan kopi.

 10 pilihan kompor terbaik buat camping

Selanjutnya, kami akan memberikan Anda beberapa rekomendasi produk kompor terbaik untuk camping. Semoga salah satu di antaranya cocok buat Anda.

1. Kompor Parafin Mini Portable

Harga mulai dari Rp 20.000

Kompor parafin mini portable supersimpel, bisa langsung masuk dalam saku. 

Supersimpel! Barangkali sebutan tersebut paling cocok disematkan untuk kompor satu ini. Bagaimana tidak? Kompor berbentuk kotak persegi ini hanya memiliki dua lipatan kanan dan kiri. Anda hanya perlu membuka kedua lipatan tersebut untuk meletakkan parafin dan panci di atasnya saat memasak.

2. Parafin Outdoor Cooking Set

Harga mulai dari Rp 155.000

Komplet! Alat masak dan alat makan sudah ada di dalam produk

Cooking set adalah pilihan terbaik untuk Anda yang ingin memasak lebih simpel. Namun, bagaimana bila ada produk yang dilengkapi alat makan sekaligus? Makin komplet, bukan? Nah, itulah yang akan Anda dapatkan dalam produk ini. Dalam satu produk, Anda akan mendapatkan satu kompor, dua nesting, serta alat makan sendok, garpu, dan pisau.
Lebih dari itu, kompor yang digunakan pun berbahan bakar padat atau parafin. Makin simpel, bukan?

3. Windproof Camping Stove

Harga mulai dari Rp 80.000

Dengan Adanya windshield, tidak khawatir lagi dengan tiupan angin

Salah satu permasalahan saat Anda memasak di alam terbuka adalah gangguan angin, terlebih bila Anda camping di atas gunung. Besarnya tiupan angin kerap membuat nyala api tidak stabil, bahkan bisa padam. Untuk meminimalkan hal itu, Anda bisa pilih kompor yang dilengkapi windproof seperti produk ini. 

4. Kompor Camping Set Portable

Harga mulai dari Rp 550.000

Boleh di bilang kompor ini paling praktis

Soal kepraktisan mungkin produk ini salah satu juaranya. Bagaimana tidak? Kompor ini memiliki desain yang sangat compact dan sudah dilengkapi dua panci kecil. Bahkan, saat dikemas kompor ini lebih terlihat seperti botol minum berukuran mini. 

Kompor ini juga memiliki fungsi effective flame yang memungkinkan nyala api lebih efektif. Selain lebih hemat bahan bakar, bahan makanan pun jadi lebih cepat matang. Akan tetapi, dengan ukuran yang dimiliki kompor ini hanya cocok untuk perorangan. Bila Anda camping beramai-ramai, butuh waktu lebih lama untuk memasak berkali-kali.
5. Kompor Portable
Harga mulai dari Rp 450.000
6. Kompor Alcohol Stove 
Harga mulai dari Rp 360.000
7. Kompor Camping
Harga mulai dari Rp 340.000
8. Kompor Stainless Alcohol Stove with Flame Regulator
Harga mulai dari Rp 990.000
9. Kompor Camping tipe FMS-125
Harga mulai dari Rp 499.000
10. Camping Stove Multi Fuel tipe BL100-T4
Harga mulai dari Rp 1.110.000

Kesimpulan

Semoga dari tips postingan diatas bisa menjadi rekomendasi produk pilihan Anda, dan Anda bisa menemukan produk kompor untuk camping yang cocok. Dengan demikian, Anda bisa memasak makanan dengan mudah saat camping.

Kami meyakini kegiatan camping Anda makin menyenangkan dengan menyantap makanan yang enak dan lezat di alam terbuka. Jadi, makanan apa yang akan Anda masak saat camping nanti? Dan jangan lupa bahagia.


Copyright © 2021

Alat Dapur Terbaru